Dunia sementara, akhirat selamanya. Semoga Allah mudahkan kita semua utk taat dan istiqomah dijalan-Nya. Kelak kita berkumpul di Jannah-Nya, aamiin ya Rabb..

Entrepreneurship

Es Pisang Ijo Olala Sweet, manis menyenangkan..bikin ketagihan!!


Haaloooo…pemirsah sejagat raya..saya mau numpang promo yaaa.. Gak ada salahnya donk promo di blog sendiri hehe ūüôā Udah pada tau kan yaa makanan khas Makassar yang namanya es pisang ijo, tau donk… beberapa tahun terakhir ini es pisang ijo emang makin tenar aja terutama di Jakarta, semakin banyak yang jualan es pisang ijo dari mulai jualan di pinggir jalan pakai gerobak sampai yang buka outlet besar.

Berbekal resep keluarga yang memang asli dari Palopo-Sulawesi Selatan, saya memberanikan diri untuk serius menjalani bisnis es pisang ijo, walaupun sudah mulai berjualan iseng-iseng di kantor sejak 2009. Selain jualan iseng-iseng, kami juga sering diminta oleh saudara yang punya hajatan (pernikahan, lamaran, dsb ) untuk menyediakan es pisang ijo sebagai salah satu menu khas, biasanya buat digubukan. Alhamdulillah…banyak testimoni dari teman-teman, tetangga, keluarga, tamu-tamu dan para customer yang sudah mencoba es pisang ijo buatan kami, semua bilang enak dan suka. Malah banyak yang bilang lebih enak dari pada yang dijual-jual di tempat lain *kipas-kipas ke-GR-an huehehe ūüėÄ

Supaya lebih menarik dan mudah diingat kita kasih nama “ES PISANG IJO OLALA SWEET”. Pisang yang manis dan empuk dibalut tepung berwarna hijau dan kuahnya yang kental beraroma pandan, ditambah sirup coco pandan dan es serut atau es batu. Rasanya segar dan manis, bikin hati senang dan pastinya bisa bikin kamu ketagihan haha *nelen ludah ūüôā

Pisang Ijo

Daripada ngiler terus mending buruan order deh…langsung aja SMS / WA ke nomer yang ada di foto. Sekarang udah bisa delivery order loohh.. Info lengkapnya bisa lihat di website http://www.espisangijo.net (Alhamdulillah udah sering dapet order catering wedding juga via website ini). Oiya, InsyaAllah akhir bulan November ini outlet pertama kita akan dibuka di perumahan Harapan Baru, Bekasi Barat.

image(1)

Mudah-mudahan Es Pisang Ijo Olala Sweet semakin maju dan berkembang, bisa menyenangkan dan bermanfaat untuk banyak orang, terutama ibu-ibu hamil yg lagi ngidam hehe.. Udahan dulu ya, nanti diinfo deh kalo outletnya udah buka. Oke deh makasih yaa udah mampir di blog ini, ditunggu orderannya yaaaa ūüôā

 


Mentoring Penuh Inspirasi Bersama Baba Rafi


Siapa yang suka makan kebab? Pasti nggak asing donk sama Kebab Turki Baba Rafi, secara kebab ini yang paling banyak cabangnya di seluruh Indonesia dan satu-satunya Kebab made in Indonesia yang berhasil buka cabang di luar negeri, mantaabb kan..

Baba Rafi ternyata ngga cuma jualan kebab aja loh.. mereka punya beberapa program CSR, salah satunya program mentoring entrepreneurship yang keren banget. Saya merasa beruntung  bisa ikutan program ini. Taunya juga ngga sengaja, kebetulan saya followernya mba Nilam sari di Twitter. Emang udah lama nyari-nyari program mentoring kayak gini, Alhamdulillah nemu. Pas lihat tweetnya mba Nilam, saya langsung daftar via email.

Niat banget deh sampe bolos kerja dan siap dengan resiko potong gaji 5 % per hari… ¬†selama 5 hari hari PP Bekasi ‚Äď Fatmawati pulang malem terus, dari mulai ngojek, naik bis, taksi, kereta, dianter suami sampe nyetir sendiri semua udah dicoba. Macet di tol berjam-jam, jam 10 malam masih distasiun nunggu kereta, jemput anak-anak dirumah mama udah kemaleman, dll. Tapi setelah ikut semua ‚Äėpengorbanan‚Äô ngga sia-sia, asli worthed banget!!

Mentoring yang saya ikutin ini batch yang ke 7, dilaksanakan selama 6 hari (21-26 November 2013). Konsepnya small class, pesertanya cuma 10 orang, karena kelas kecil jadi efektif banget, kita puas nanya-nanya sesuai dengan bisnisnya masing-masing.

IMG-20131021-03366

mba Nilam’s class. Pas banget lg ada liputan dari TV Jerman, wuuiihh kereenn…

Pengajarnya keren-keren cyiiinn, pengusaha-pengusaha hebat yang selama ini saya cuma tau brandnya eeh disini diajarin langsung sama mereka. Sebut saja pak Anton owner TX Travel, Pak Ardantya Syahreza owner Sour Sally, Generasi Muda ID dan beberapa bisnis lainnya, Yulia owner salon Moz 5, Ibu Ita penulis buku couplepreneur dan pemilik beberapa apotik dan klinik ternama, Pak Bedi ahlinya bisnis kuliner, owner Quick Chicken yang ternyata dulu ownernya Rice Bowl dan resto-resto besar lainnya. Keren atau keren banget? Kereeenn bangett gilaaakk.. ¬†ūüėÄ

Mereka pebisnis-pebisnis sukses yang punya semangat berbagi yang luar biasa. Mereka orang-orang hebat tapi mau mengajarkan ilmunya kepada kami yang masih ‚Äėstart up‚Äô. Eh saya doang siy yang bener-bener baru hehe.., peserta yang lain-lain mah udah hebat-hebat bisnisnya.

Ada yang lebih WOW lagi, dua orang pengusaha muda penuh prestasi, masih mahasiswa tapi bisnisnya mendunia. Yang pertama namanya Khafidz ownernya Kendal Atsiri yang mewakili Indonesia dan Asia ke USA dalam ajang lomba Global Student Entrepreneurship. Khafidz yang berasal dari desa terpencil di kendal, dengan bisnis minyak atsiri berhasil memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan para pemetik daun cengkeh dan keluarganya. Hebatnya lagi 40% hasil produksinya diekspor ke Eropa, beeuuhh mantabbb bro..

khafidz

Khafidz, masih mahasiswa loohh..pengusaha minyak atsiri dari Kendal. Mantaaabbb…

tyovan

Tyovan, pengusaha IT dari Wonosobo, masih kuliah di Binus. Awesome!!

Satu lagi namanya Tyovan, berasal dari Wonosobo tapi udah pernah diundang Stanford University mengunjungi Silicon valley. Kecil-kecil cabe rawit, si Tyovan kelas 2 SMA udah bikin CV untuk bisnisnya dan sekarang sudah punya 3 macam bisnis dibidang IT. Wowww they‚Äôre really special, top markotop bikin speechless. Lihat mereka tuh ya jadi malu sendiri, hmmm..dulu gue kemane aje yee..kebanyakan main karet sama main bekel kaleee huehehe.. ūüėÄ

Selain pebisnis sukses, manajer-manajer Baba Rafi juga ikut mengajar. Dari mulai manajer HRD, GA, Logistik, Marketing, Brand sampai GM pun ikut mengajar dan pastinya mba Nilam dan mas Hendy sang owner turut serta hadir dan berbagi ilmu di kelas. Kami belajar langsung dari para direksi dan manajer tentang bagaimana mengelola perusahaan sesuai job dan experiences mereka masing-masing. Asli ‚Äėbuka-bukaan‚Äô, semua ‚Äėrahasia‚Äô perusahaan bagaimana membangun bisnis dari nol sampai besar seperti sekarang ini dishare ke peserta.

Oiya, di hari pertama kami sempat diajak keliling kantor, mulai dari lantai tiga sampai bagian produksi dan logistik di lantai satu. Pengalaman yang sangat menarik buat saya karena baru pertama kali ini melihat langsung proses produksi sebuah bisnis kuliner dalam skala besar.

(more…)


10 Tanda Jiwa Entrepreneur


Image

FIGHT for your dream!!

Beberapa tahun belakangan ini saya sangat tertarik dengan entrepreneurship, sampai-sampai saya mempercepat kepulangan saya dari Australia karena pengen cepet ikutan Entrepreneur Camp (E-Camp) punyanya mas Jaya Setiabudi (Mas J). Saya juga selalu haus untuk belajar dan menambah wawasan ilmu bisnis / wirausaha. Seperti ada dorongan yang kuat dari dalam diri ini untuk terjun ke dunia bisnis. Beberapa alasannya adalah karena saya merasa pekerjaan yang saya jalani saat ini bukan passion saya, bekerja diatur-atur, tidak fleksibel, birokratis sehingga muncul rasa tidak puas, mudah bosan dan jenuh. Yaaa maklum saja, saya kan pekerja kantoran tapi jiwanya “liar”, hehe.. ūüėÄ

Udah ah curhatnya, ngeluh mulu hehe.. Ada artikel bagus nih tentang tanda-tanda jiwa entrepreneur. Artikel berikut saya copas dari website yukbisnis.com. Saya sangat tertarik dengan artikel ini karena sebagian besar dari ciri-cirinya itu ‚Äúgue banget‚ÄĚ. Gak usah panjang lebar lagi (tapi saya tambahin komen pribadi boleh donk..hehe..), yuk ah dibaca apa aja siy 10 tanda bahwa kita punya jiwa entrepreneur.

1. Benci Terhadap Ketidakjelasan

Anda mungkin pernah bertanya-tanya mengenai sesuatu hal yang anda kerjakan, dan mengapa anda melakukan hal tersebut. Anda mungkin tidak akan melakukan sebuah pekerjaan jika tidak mendapat penjelasan tentang apa yang akan kerjakan. Anda bukanlah robot yang hanya disuruh-suruh untuk melakukan sesuatu hal tanpa mengetahui alasan dibalik mengapa anda harus melakukan hal tersebut. Jika anda bukan robot maka anda adalah seorang entrepreneur.

Ini gue banget, alasannya karena saya tidak suka menjadi robot, apalagi harus mengerjakan sesuatu yang tidak saya suka dan alasannya nggak jelas.

2. Mudah Bosan

Anda merasa bahwa diri anda mudah bosan terhadap sesuatu yang anda kerjakan, dan membuat anda merasa bahwa itu adalah sebuah masalah. Sebenarnya tidak ada yang salah jika anda merasa bosan dengan aktivitas yang tidak menantang bagi anda dan hanya melakukan aktifitas yang sama setiap waktu. Inilah alasan Bill Gates drop out dari kuliah dan memilih untuk mengembangkan Windows, karena dia mudah bosan.

Ini juga gue banget, saya orangnya gampang bosenan, tidak bisa bertahan lama mengerjakan satu hal dalam jangka waktu yang panjang. Melakukan banyak hal dalam satu periode itu menyenangkan buat saya.

3. Dipecat dari Pekerjaan

Anda dipecat dari pekerjaan anda karena anda terlalu kreatif dan merasa ingin melakukan sebuah perubahan bagi diri anda sendiri dan bagi orang lain. Dengan terbebasnya anda dari pekerjaan anda yang  melarang anda untuk kreatif, maka anda dapat mengubah kreativitas anda tersebut dengan menjadi seorang entrepreneur.

 Kalau dipecat siy ngga pernah, tapi merasa ingin melakukan perubahan iya banget.

4. Dicap sebagai Pemberontak

Anda ingin melakukan sebuah perubahan namun anda malah dituduh sebagai pemberontak dalam perusahaan tempat dimana anda bekerja. Keluarlah dari pekerjaan anda, wujudkan ide anda tersebut, dan tunjukan kepada mereka bahwa pemberontakan anda mampu membuat anda menjadi seorang entrepreneur sukses.

Dicap sebagai pemberontak siy enggak (mungkin juga iya tapi sayanya yg nggak tau hehe). Saya mulai berani ‚Äúmemberontak‚ÄĚ seperti kabur berhari-hari dari kantor tanpa kabar (ya iyalah kalau ngasih kabar namanya bukan kabur bu hehe..), sering bolos, nggak ikut rapat, dan masih banyak lagi kenakalan saya (hehe..pengakuan, jangan ditiru yaa).

5. Siap untuk Membuat Sesuatu Menjadi Lebih Baik

Anda selalu melihat bahwa diri anda mampu membuat sesuatu menjadi lebih baik. Anda selalu ingin memberikan pendapat anda kepada orang lain untuk membuat sesuatu menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

Terkadang saya suka protes karena sistem atau aturan yang dilingkungan pekerjaan yang menurut saya kurang pas. Sayangnya saya nggak berani ngomong, beraninya cuma kasih ide-ide dibelakang (payah bleh..)

(more…)


Mimpi Jadi Pengusaha Jangan Didiamkan


KOMPAS.com – Pengusaha jati, Santi Mia Sipan, tergerak mengubah dirinya menjadi lebih dari sekadar sejahtera dengan berwirausaha. Pernyataannya tegas tersampaikan di berbagai forum, bahwa menjadi karyawan bisa sejahtera namun tak pernah bisa kaya. Jika ingin kaya maka berwirausahalah. Pernyataan Santi didasarkan pada dorongan dalam dirinya untuk berkontribusi yang terbaik bagi keluarga.

“Passion, drive, dan dream ini harus ada dalam diri perempuan. Mimpi, kalau didiamkan akan menjadi kebodohan. Mimpi harus direalisasikan. Perempuan tidak boleh berhenti bermimpi,” jelas Santi, di sela Women Executive Forum bertema “Women Empowerment: New Age Women” diadakan Ernst & Young Entrepreneurial Winning Women di Graha Niaga, Jakarta, Kamis (21/4/2011). Perempuan, kata Santi, bisa membuat pilihan. Apakah ingin sejahtera, sangat sejahtera, kaya tetapi tidak nelangsa, atau bahkan tidak sejahtera. Pilihan ini harus dibuat perempuan dengan mulai melangkah. Saat akan melangkahkan kaki memulai usaha dari posisi karyawan, dibutuhkan proses belajar.

(more…)


Tips Bisnis Dari Sang Juragan (3&4)


Berikut tips bisnis praktis yang saya copas dari tweetnya mas @JayaYEA (Juragan) tanggal 20 dan 21 April.
5 TANGGA BISNIS; Bagaimana Langkah2 bisnis agar lebih cepat FREEDOM!
5 Tangga bisnis. Apa gunanya?? Mengetahui prioritas langkah2 yg diprlukan&tdk diprlukan pd fase2 t’tentu dlm ush,hngga tnaga kt bs diprioritaskan utk hal2 terpenting lain.
Berikut adlh 5 tangga bisnis:
1.STARTING(Mulai)
2.PROFITING(Naikan keuntungan)
3.SYSTEMIZING(Bangun sistem)
4.MULTIPLYING(Duplikasi)
5.REAPING FREEDOM(Kebebasan financial).
1a.STARTING; saat mulai ush fokus bgmn bs survive / ‚Äėdapur ngepul‚Äô terlebih dahulu.Jgn berusaha mencari laba bsr saat awal tp crlah omset.
1b.Fokus bgmn meramaikan toko anda & mengkonversi sebanyak mungkin calon pelanggan jd pelanggan.Lakukan pemasaran scr agresif & teragenda.
1c.Jgn biarkan seharipun tanpa promosi. Lakukan hal ini terus-menerus sampai ‚Äėkursi‚Äô anda penuh tiap saatnya.
1d.Jk bisnis anda adlh distribusi,bukalah jalur distribusi sebanyak mungkin & secepat mungkin.Genjot volume penjualan anda bkn profit anda.
1e.Asalkan pembayaran bagus, profit rendahpun tdk menjadi mslh. Sekali lg fokus menaikan omset.
1f.Jgn terburu2 membuat sistem scr detail krn akan menghilangkan flexibilitas dlm bisnis anda.
1g.Biasanya mantan krywn diperush bsr akan fokus membuat sistem dibanding menggenjot penjualan.Ini adlh kesalahan fatal saat awal berbisnis.
2a.PROFITING; stlh volume penjualan anda cukup bsr atau ‚Äėkursi‚Äô di warung anda sdh penuh tiap saat barulah berfokus menaikan keuntungan ush.
2b. Ada 3 hal menaikan keuntungan ush dr cust. :1.menaikan angka repeat order; 2.menaikan rata2 pembelian tiap kunjungan; 3.menaikan margin.
2c. Repeat order adlh sgl upaya yg dilakukan utk membuat pelanggan semakin sering belanja ke tmpt kita.
2d. Menaikan rata2 pembelian; bgmn caranya mrk yg tadinya belanja 100rb tiap kunjungan mjd 200rb tiap kunjungan.
2e. Menaikan margin; intinya adlh menaikan value&hrg jual, serta menekan biaya produksi dgn cara menaikan produktifitas&menekan pengeluaran.
2f. Di fase profiting, promosi ttp jgn berhenti. Bedanya dgn fase starting, promosi profiting lbh di fokuskan ke pelanggan yg sdh ada.
3a. SYSTEMIZING; Nah, stlh ‚Äėdapur ngepul‚Äô & duit melimpah, kini saatnya menyempurnakan sistem.
3b.Sebenarnya sistem tsbt mungkin sdh dirintis sdkit dm sdkit sjk mulai ush. Hny sj di fase systemizing,kt akan fokus pd pembenahan sistem.
3c. Tujuan dr system adlh membuat bisnis ‚Äėautopilot‚Äô, jalan tanpa anda & siap dikembangbiakan (multiplying).
3d. Materi systemizing akan kami paparkan scr terpisah besok.
3e. Toh jk profit anda bsr, anda tdk perlu pusing utk membuat sistem sendiri. Cukup membayar konsultan utk membuat sistem di perush anda.
3f. Yg terpenting lg, inilah saatnya anda mencari GM/direktur yg jauh lbh pandai dan berpengalaman dr anda.
4a. Multiplying; stlh sistem terbentuk perlu dilakukan uji coba dgn cara menduplikasi bisnis yg sdh ada yaitu dgn membuka cabang.
4b.Jgn buru2 franchise jk sistem blm teruji.Jk anda membthkan modal utk ush gunakan opsi jual sbagian saham cbng utama u/ membangun cbng br.
4c. Uji sistem anda dgn membuka cabang di bbrp tmpt/kota yg berbeda, sblm akhirnya anda siap franchise.
4d. Ingat: niatkan franchise utk berbagi keuntungan, bukan mencari ‚Äėkorban‚Äô. Apa yg anda tanam adlh apa yg anda akan tuai.
4e. Selain opsi franchise, sistem jg bs diterapkan utk mengembangbiakan cabang2 usaha anda.
5a. Kini tiba saatnya memetik apa yg telah ada tanam, yaitu kebebasan financial. Bisnis anda jalan, anda jalan2….
5b. Skrg tiba saatnya meninggalkan ‚Äėgading‚Äô kepada org2 sekitar anda.

Tips Bisnis Praktis dari Sang Juragan (1 & 2)


Temans¬†berikut¬†tips bisnis¬†praktis¬†dari¬†Mas Jaya¬†YEA, seorang¬†mentor bisnis¬†hebat¬†di Indonesia, pemilik¬†sekolah¬†bisnis¬†Young Entrepreneur Academy (YEA), pengarang¬†buku¬†“The Power of Kepepet” . Tulisan¬†ini¬†saya copas¬†dari¬†timeline akun¬†twitter beliau¬†(@JayaYEA), jangan¬†lupa¬†di¬†follow ya. Semoga¬†bermanfaat.

Punya Tempat, Mau Usaha Apa?
Seorang¬†peserta¬†ECamp¬†bertanya¬†ke sy,”Masj, sy kan sdh¬†pny¬†ruko¬†tuh, enaknya¬†buat¬†usaha¬†apa¬†yaa?” Berikut¬†adlh¬†langkah2nya….
1. Petakan radius 5km di skitar Anda, bisa gunakan google maps.
2. Lakukan¬†survey untuk¬†meng-update¬†apa2¬†‘sarang semut'(pembuat¬†keramaian) sekitar¬†Anda. TANDAI!
3. Identifikasi jenis semut di masing2 sarang tsbt, dewasa(pabrik, pemerintahan), anak2(skul), pasar, perumahan dll.
4. Beda¬†jenis¬†semut, beda¬†level, beda¬†kebutuhan, beda¬†daya¬†beli! Jgn¬†sampai¬†membidik¬†semut¬†yg¬†salah¬†nantinya…
5. Petakan bisnis2 disekitarnya. TANDAI! Juga amati, mana yg terlaris, kenapa? Cari pola suksesnya!
6. Dari data2 tersebut, renungkan usaha apa yg sesuai dg target pasar disana, yg msh rendah kompetisinya.
7. Tetap¬†yg¬†terpenting, KAPAN¬†MAU¬†BUKA? Target dulu, baru rencanakan¬†kemudian…
“Usaha¬†yg¬†bagus¬†adalah¬†usaha¬†yg¬†dibuka, bukan¬†dipikir¬†terus.
Mikir¬†blm¬†tentu¬†buka, buka¬†pasti¬†mikir!” FIGHT!
Punya Ide, Mulai Dari Mana?
  1. Jawab pertanyaan2 ini dulu:
      a. Apa deskripsi produk/jasa Anda?
      b. Siapa SPESIFIK target pasar Anda?
      c. Dimana mereka biasa berkumpul?
      d. Bagaimana cara TEREFEKTIF melakukan penjualan ke mereka?
¬†2. Pilih¬†tempat¬†usaha¬†yang berdekatan¬†dg¬†‘sarang semut’ yg menjadi¬†target pasar¬†Anda. Ingat, jgn ‘salah’ semutnya!
3. Buka chapter ‘memilih lokasi usaha'(menyusul), untuk¬†detailnya
4. Branding adalah keterlihatan, pastikan sign board Anda terlihat oleh para semut yang lewat. Simulasikan!
5. Target dulu baru rencana! Tgl, bln, thn brapa Anda akan buka? Baru membuat rencananya!
6. Pepetkan diri Anda dg memberi DP di tmpt usaha Anda, buat kartu nama, brosur, pokoknya melangkah.
7. Jangan menunggu kondisi sempurna, tp sempurnakan sambil berjalan.
8. U/ bisnis yg pertama, jgn byk berhitung. Jika mau berhitung, hitunglah untungnya, agar termotivasi.
 9. Sptnya nekad? Ya, lbh baik drpd pengecut!
10. Bergurulah pada mentor praktisi pengusaha, bukan sekedar teori saja.
“Usaha¬†yg¬†bagus¬†adalah¬†usaha¬†yg¬†dibuka, bukan¬†diHITUNG¬†terus-menerus” FIGHT!¬†