Dunia sementara, akhirat selamanya. Semoga Allah mudahkan kita semua utk taat dan istiqomah dijalan-Nya. Kelak kita berkumpul di Jannah-Nya, aamiin ya Rabb..

Education

Sekolah / Pesantren / Boarding School sunnah


Alhamdulillah weekend lalu (ahad, 29 Okt 2017) sempet dateng ke TMII lihat pameran sekolah islam (islamic education expo)  yg diselenggarakan oleh ASESI (Asosiasi Sekolah Sunnah Indonesia).  Sengaja banget datang kesini soalnya tahun depan kk Nayya udah mau masuk SMP. Sebenernya sih udah naksir sekolah yg di Duta Kranji (Nurul I’tishom) karena deket banget dari rumah, tapiii emaknya (bapaknya jugaa) pengen tau sekolah lain juga dan kita kepikiran mau nyekolahin di boarding school, kebetulan anaknya jg minat sekolah pesantren. Secara hari gini, kids jaman now godaannya beraattt.. emak agak khawatir kalo masuk sekolah biasa, kudu disekolahin di sekolah yang agamanya bagus, kalo bisa pesantren (tapi ini masih ragu2 banyak pertimbangan).

Oiya pas kita disana cuma sebentar,  kelilingin semua stand dan ambilin brosurnya, gak sempet nanya2 panjang lebar or konsultasi di stand2nya soalnya cuaca lumayan panas dan adek Oiq lg kurang sehat jg. Gpp deh yg penting dapet banyak brosur, emak jg happy krn sempet belanja jilbab plus dapet bonus cadar hehe..  😀

Naahh… ini dia oleh2 dari expo ASESI : list sekolah/pesantren/boarding school dengan manhaj sunnah, yg saya rangkum dari brosur2 dan buku direktori sekolah islam edisi 2016 dan 2017. Semoga bermanfaat yaa… 🙂

 

LIST SEKOLAH ISLAM / PESANTREN / BOARDING SCHOOL

ASESI (ASOSIASI SEKOLAH SUNNAH INDONESIA)

 

JAKARTA

  1. Ibnu Hajar Boarding School (KB-TK, SD,Boarding school SMP dan SMA).Cipayung dan Depok. ihbs.or.id
  2. DAQTA Islamic Boarding school (SDIT, SMPIT, Pesantren putri). smpitdaqta.blogspot.com Tep. 021.29622166
  3. Aminah Boarding School (SMP, SMA) . Dewi Sartika-Cawang Jaktim. aminahboardingschool.com Telp. 021.8092325 / 081287688821.
  4. SMP dan SMA Tahfizh Nailufar ( SMP, SMA ikhwan boarding / SMP SMA Akhwat boarding dan non boarding). Cipayung-Jaktim. Nailufarblog.wordpress.com / Email : sekolahislamnailufar@gmail.com Telp. 0857.7338.6484 / 0813.1658.6383 / 0857.76305997.
  5. MTS Annajah. Jakarta Barat. annajahjakarta.com Telp. 021.5840424 / 0881.560.6484.
  6. EMIISc (TK-SD-SMP-SMA Fullday & Boarding school). Condet-Jaktim. emiisc.com Telp. 021.877.92556 / 87792756
  7. Izzatus Sunnah (Play Group, TK, SDIT). Rawamangun-Jaktim. 0812.8616.3513 (SDIT) / 0812.8898.1832 (KB/TK).

 

BEKASI

  1. Pesantren Tahfizh Al Hunafa. Setu-Kab. Bekasi. alhunafa.com Telp. 0812.1376.4899.
  2. School of Ibnu Hajar Mandiri (TK-SD). Mustika Jaya-Bekasi. ibnuhajarbekasi.com
  3. Future Gate Islamic High School (SMA). Jatiasih-Bekasi. smafuturegate.com / www.putri.smafuturegate.com Telp. 021.84978071 /085100734490.
  4. Hidayatunnajah Islamic Boarding School (TK, SD, Pesantren SMP & SMA). Pebayuran-Kab. Bekasi. hidayatunnajah.or.id Telp. 021.89150466 / 0853.7319.0176 / 0856.1719.017
  5. Ibnu Majah Islamic Boarding School (SMP khusus Ikhwan). Jatimulya-Tambun Selatan. imbs.sch.id Telp. 021.82609071 / 087889505008 / 085880336220.
  6. Ar-Risalah (PG-TK, SDIT dan Pesantren). Bintara – Bekasi Barat dan Setu-Bekasi Timur (pesantren). Telp. 021. 8951733 / 0821.1346484 / 0812.9484.5386
  7. Pesantren Tashfia (khusus putri). Jatiasih – Bekasi. tashfia.com Telp. 021.84978071.
  8. Pesantren Al-Mahad (SD, SMP, SMA). Setu-Bekasi. (tidak ada web dan no telp yg tertera)
  9. Kuttab Tahfizh Abqori. Kranji-Bekasi. Telp. 0856.7782.116
  10. Al-Mahad Islamic Boarding School (SD, SMP, SMA). Setu-Bekasi. mahaduna.sch.id Telp. 0816.1614.218 / 0813.8091.4742 / 0857.1927.7914.
  11. Al’Rabi ( RAIT, SDIT, SMPIT, SMAIT). Cikarang Barat. al-arabi.sch.id Telp. 021.91524641
  12. Al Hikmah (Playgroup, TK, SDIT). Bintara Bekasi Barat. sditalhikmahbintara@gmail.com 021.8860637 / 885.2015
  13. Al Wildan Islamic School Bekasi. Kaliabang Tengah Bekasi Utara. alwildanbekasi.com Telp. 0818.0800.1661 (WA).
  14. SDIT Wildan. Bintara Bekasi Barat. Email : sdtwildan135@gmail.com 021. 8945.1733
  15. Lughatuna Islamic School (SD). Mustikajaya Bekasi. lughatuna.com Telp. 0878.8050.2006
  16. SMP Islam Nurul I’tishom. Duta Kranji-Bekasi Barat. smpnurulitishom.com Telp. 021.89451712 / 0857.8107.2676
  17. SD Islam Salman Al Farisi. Rawalumbu Bekasi. Telp. 081.222.230.232 / 0852.3510.4923
  18. Sekolah Islam Ar Rayaahiin (PAUD, SDIT). Cikarang Barat. arrayaahiin.sch.id Telp. 021.89110067
  19. Pesantren Tahfihz Tarbiyah Insan. Mustikajaya Bekasi. tarbiyahinsan.com Telp. 0811.1143.214

 

DEPOK

  1. An-Najm Islamic School (TK, SD, SMP). Grand Depok City-Cilodong Depok. anisch.sch.id Telp. 021.7715452
  2. Darul Ilmi (TK dan SD). Sukmajaya-Depok. daarulilmidepok.sch.id / email : daarulilmidepok@gmail.com Telp. 0812.8929.7073
  3. SDI Bina Sunnah. Parung Bingung Depok. 0815.807.1911 / 0812.1161.9638.

 

BOGOR

  1. Pesantren Islam Internasional Al Andalus (SMP-SMA). Jonggol-Kab. Bogor (putri) dan Sukmajaya Bogor (Putra). pesantren-alandalus.com. Telp. 0823.3160.0800 / 0813.8165.0701 / 0852.3068.7383.
  2. Anak Shalih Islamic School (SDIT). Telp. 0251-8653638 / WA. 081289936123.
  3. Fitrah Islamic World Academy / FIWA (SMP, SMA). Ciseeng-Bogor. fiwa.sch.id Telp. 0816778585 / 081385055932 / 081905255504.
  4. Pesantren Madinatul Ilmi (SMP, SMK IDN). Pesantren Akhwat di Cileungsi-Bogor, Ikhwan di Jonggol. idn.sch.id Telp. 087788567782 / 089619206109 / 081280040100.
  5. Pesantren Minhaj Shahabah (SMP, SMA). Taman Sari-Kab. Bogor. Email : smpalminhaj@gmail.com / smaalminhaj@gmail.com 0251. 8487615 / 085695948225 / 085710867659.
  6. Nuraida Islamic Boarding School (SMP, SMA khusus putri). Cimahpar- Kota Bogor. nibs.sch.id Telp. 0813.1114.1632 / 0895.1575.9517
  7. Pesantren Yatim Ibnu Taimiyah (TK/RA, MI, MTS dan MA, gratis utk yatim/ah). Cijeruk-Kab. Bogor. ibnutaimiyah.com Telp. 0251.8388959 / 8388917.
  8. An-Nahl Islamic School (Toddler, Playgroup, TK, SD, SMP). Ciangsana, Gn. Putri-Bogor. annahl-islamicschool.sch.id Telp. 021. 29218282 / 085921541161.
  9. Bintang Pelajar Islamic Boarding School (SMA). Telp. 0822.1387.1865
  10. Mahad Aisyah binti Abu Bakar Li Al-Dakwah. Taman sari-Bogor. mahad-aisyah.com Tlp. 0857.2000.0753
  11. EMIISc Boarding School. Cisarua-Bogor. boardingschool.emiisc.com Telp. 0822.9841.4320.
  12. Al Wafi Islamic Boarding School. Tajurhalang-Bogor. wibs.sch.id Telp. 0251.858.3333 / 858.4444
  13. Mahad Syathiby ( TK, SD, SMP, SMA). Kp. Tengah Cileungsi-Bogor. syathiby.com Telp. 021.22950067 / 0812.9111.1756.
  14. Pesantren Madinatul Quran (SD, SMP, SMA). Jonggol-Bogor. madinatulquran.or.id Telp. 0852.0023.6000 / 0813.1165.0002
  15. Baitussalam (SDI, PAUD). Cibinong Bogor. Telp 0857.170.400.10 (PAUD) / 0852.8453.9294 (SDI)
  16. Liwalul Furqon Islamic Boarding School (SMA). Leuwiliang-Bogor. liwaulfurqon.com Tep. 0856.2268.810 / 0822.9801.4064)

(more…)

Advertisements

Pencerahan dari Kang Abik


 

Habiburrahman El Shirazy di Canberra

Ahad, 6 Maret 2011 bertempat di KBRI di Canberra, saya berkesempatan mengikuti acara pelatihan menulis yang diadakan oleh FLP (Forum Lingkar Pena) cabang Australia. Yang menjadi nara sumber pada acara tersebut adalah seorang penulis handal yang karya-karyanya sangat booming di Indonesia. Beliau adalah Habiburrahman El Shirazy atau biasa disapa Kang Abik, seorang penulis novel-novel islami yang sangat terkenal seperti Ayat-Ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih.

Saya sangat beruntung bisa menghadiri acara tersebut karena banyak hal yang sangat berguna yang saya dapatkan dari penulis favorit saya, terutama tentang tips-tips menjadi penulis best seller dan teknik-teknik menulis novel best seller. Dari sekian banyak pelajaran yang diberikan, ada dua hal yang sangat berkesan dihati saya, yaitu pelajaran tentang “keberanian untuk menulis” dan “definisi menulis”.

Menurut Kang Abik, ada 4 kategori penulis berdasarkan tingkat keberaniannya:

1. Kurang berani dan kurang pertimbangan.

Orang yang berada dalam zona ini adalah orang yang tidak punya modal menjadi penulis yang handal dan masuk dalam zona lemas. Orang tsb tidak akan pernah menulis karena selalu takut dan kurang pertimbangan.

2. Terlalu banyak pertimbangan tapi tidak berani.

Ada orang yang terlalu banyak pertimbangan sebelum menulis. Orang dalam kategori ini terlalu mempertimbangkan aturan-aturan dalam menulis, tata bahasa dsb tetapi tidak ia berani menulis. Orang seperti ini cocoknya menjadi kritikus. Lebih handal dalam mengkritisi tulisan orang lain tetapi tidak punya keberanian untuk menulis.

3. Keberaniannya luar biasa tetapi kurang pertimbangan.

Zona ini adalah zonanya orang-orang nekat. Hampir semua penulis handal memulainya dari zona ini. Yang penting adalah menulis dulu, EYD atau tata bahasa nomor sekian. “Tidak usah banyak bicara, yang penting nulis dulu”, kata Kang Abik. Ia sendiri mengakui dirinya adalah penulis di zona ini. Latar belakang Kang Abik adalah ilmu hadist yang nota bene adalah sangat jauh dari ilmu sastra atau tulis menulis. Dengan berbekal keberanian yang luar biasa, ia telah membuktikan bahwa menulis tidak harus orang yang berbakat atau berilmu sastra, siapapun bisa asalkan mau mencoba dan terus belajar.

4. Keberanian tinggi dan Pertimbangan luas.

Orang yang masuk dalam kategori ini adalah orang yang tulisannya dalam dan ilmunya sudah matang serta selalu ada hal-hal baru dari karyanya.

(more…)


Hati-hati, Bahaya Pornografi Mengancam Anak-anak Kita.


Hasil Seminar tanggal 30 Oktober 2010 di Kemang Village, Jakarta By Elly Risman, M.Psi (Yayasan Buah Hati)

Di-share dari teman yang ikut di Jakarta. Panjang tapi sangat menarik buat orang tua agar aware.

Seminar dibuka dengan layar presentasi yang menayangkan contoh sms anak sekarang, dengan huruf biasa tapi dibuat secara ALAY, tapi dibuat sedemikian rupa, sehingga kami, seluruh orang tua yang ada di ruangan seminar, tidak ada yang bisa membaca sms apakah itu?Apa maksud sms tsb?

Alaaahh…sms alay kan bisa dibaca. meski bikin mata dan otak kerja keras dulu buat tau maksudnya?

NO! Totally, ga ada satupun yang bisa baca sms tsb. Dan, Taaaraa…..ternyata selain dengan huruf alay, sms tsb, dibacanya harus dengan posisi HP terbalik (bagian atas HP menjadi bagian bawah)! Can u imagine thattt????

DAN isinya adalah:
” Hi, sayang, aku kangen nih. Udah lama kita GA ML, Yuk, mumpung bonyok lagi pergi, yuk kita ketemuan…dsb .” (sori saya agak lupa persisnya namun isinya kurang lebih spt itu – ML= Making Love=berhub SEX)

Seisi ruangan seminar langsung heboh.

Note dari pembicara: SMS sayang-sayangan anak sekarang udah bukan I love u/ I miss u, tapi udah soal LAMA GA ML…

Demmm…Ihikksss dari awal seminar, mata saya udah melotot lebaarr!

2. Anak-anak kita hidup di era digital. Banyak media elektronik & cetak yang diakses anak, banyak yang mengandung unsur pornografi: Games, Internet, HP, TV, VCD, Komik, Majalah dll

3. Yang pertama dibahas adalah GAMES. Games diabad 21, berdasar penelitian, gambar lebih realistis, pemain bisa memilih karakter apa saja, yang tidak ada di dunia nyata, ketrampilan lebih kompleks dan kecekatan yg lebih tinggi–> Kepuasan dan kecanduan lebih besar.

4. Jenis Games lebih beraneka macam: Aksi, adventure, strategi, Role playing.

Note dari pembicara:

SUPER HATI-HATI dengan GAMES anak-anak anda!

a. Ada games yang bergenre awal action, isinya adalah tembak2an dsb, namun ternyata jika, anak kita udah sampai level akhir, bonus di akhir levelnya adalah ML dengan pelacur jalanan…?????
b. Ada games yang berjenis role playing, dan naudzubillahimindzalik, ceritanya adalah tentang bagaimana “memperkosa paling asyik ???????

Jadi tinggal pilih cerita yang melatarbelakangi , kemudian tinggal pilih perempuan model apa yg mau “dipilih”, modelnya ga pake baju sama sekali, dan tinggal pilih bagian tubuh mana yang mau dipegang pertama kali dst. Cursor berbentuk tangan, yg digerakkan oleh anak-anak kita ——>Seisi ruangan seminar langsung heboh lagiii….Gumaman Astagfirrullah bertebaran di ruangan….:(

5. Pikir baik-baik jika anda ingin membelikan games atau anak anak anda beli games sendiri/ meminjam games dari teman! Dan hati-hati , jika didepan sekolah anak-anak ada warnet! Jenis Games yang ada, murah dan gampang didapat, jenisnya sudah diluar perkiraan kita, orangtua!

Note: suami saya, yg orang IT dan doyan maen games pun, terkejut bukan kepalang, pas tau soal jenis games ini!!:(

 

6. Internet. Situs Porno bertebaran di dunia maya. Dan, jangan salah, pembuatnya juga anak-anak kita juga! Bahkann…Untuk mendapatkan uang, mereka menjual video sex mereka sendiri! –> Pas seminar kami ditunjukkan ribuan video sex yg gampang diperoleh lewat internet.

Note dari pembicara:
a. Siapa bilang ML harus telanjang dan harus di tempat tidur/hotel ? –>> kami ditunjukkan sekilas video ABG berseragam SMP, sedang ML ditangga dan berpakaian lengkap!
b. Hamil? Siapa takkut!–> Bisa Aborsi !

7. HP.
Hoho…Video-video sex tersebar melalui HP. Kapasitas HP yang besar, memungkinkan sang pemilik memiliki file-file berukuran besar seperti video dan gambar porno. Anak anda CLEAN?–>Bisa jadi dia dapat kiriman gambar/video dari temennya!

Kasus : (yg pernah ditangani Ibu Elly) Ada seorang Ibu, yg datang ke beliau, shock karena menemukan gambar Vagina-seseorang di BBnya, yg ternyata setelah ditelusuri adalah kepunyaan temen sekolah (wanita) anaknya yang lelaki (yang suka minjem BB beliau!)…:(

(more…)


Indonesian Day at Holy School


Cukup bangga rasanya karena bahasa dan budaya Indonesia cukup dihargai di negeri Kangguru ini. Pelajaran Bahasa Indonesia menjadi salah satu bidang studi pilihan yang masuk dalam kurikulum pendidikan di Australia, Namun tidak semua sekolah mengajarkan pelajaran Bahasa Indonesia. Di Canberra terdapat sekitar 20 sekolah yang mengajarkan pelajaran Bahasa Indonesia, mulai dari preschool hingga college. Holy Family Primary School adalah salah satu sekolah yang secara konsisten mengajarkan pelajaran Bahasa Indonesia sejak 8 tahun terakhir. Guru Bahasa Indonesia di sekolah ini adalah Ms. Arika Basset dan saya sendiri sebagai asistennya.

Sekolah  ini cukup antusias dan memiliki minat yang cukup tinggi terhadap budaya Indonesia. Hal ini terbukti dengan program workshop tari Bali dan penampilan tari Saman pada acara pentas seni di sekolah. Yang lebih spektakuler lagi adalah diselenggarakannya “Indonesian Day” di sekolah pada bulan November lalu. Semua siswa dan guru dari kelas 0 sampai kelas 6 berpartisipasi dalam Indonesian Day. Beragam kegiatan dilaksanakan mulai dari permainan tradisional, kerajinan tangan, cerita rakyat/dongeng Indonesia, bermain angklung sampai belajar tari tradisional Indonesia. Setiap guru melaksanakan satu kegiatan dikelasnya dan ada juga yang bermain di outdoor.

(more…)


Kecanduan Facebook Bisa Bikin Depresi


Apakah anda termasuk orang yang terlalu sering mengganti foto profil di Facebook? Menghabiskan waktu lebih dari 1 jam perhari untuk facebook? Meng-update status lebih dari satu kali dalam satu jam? Mengabaikan pekerjaan karena terlalu sibuk ber-fesbuk-ria? Jika jawabannya iya, berhati-hatilah karena anda mengalami gejala-gejala kecanduan Facebook. Atau yang lebih parahnya lagi apabila anda merasa stres dan cemas karena tidak mengakses Facebook dalam sehari, anda benar-benar membutuhkan pertolongan untuk mengatasi kecanduan anda terhadap Facebook.

Ada banyak alasan kenapa sebagian orang merasa perlu untuk aktif / online di Facebook. Dari mulai mencari teman lama, menyampaikan undangan, mengucapkan selamat ulang tahun sampai berjualan, semuanya difasilitasi oleh Facebook. Tapi apakah kita pernah menyadari berapa banyak waktu yang telah kita habiskan hanya sekedar ber-fesbuk-ria tanpa tujuan yang berarti. Tidak hanya itu, mungkin kita juga tidak menyadari kalau sebenarnya kita sudah kecanduan Facebook.

(more…)


Protected: Matematika oh Matematika…


This content is password protected. To view it please enter your password below: