Life, love and passion

Sehat dengan Akupuntur


Namanya Pak Kim, laki-laki chinese berperawakan kurus dan tinggi,  berusia sekitar 50 tahun ini berprofesi sebagai terapis akupuntur. Beliau punya pengalaman puluhan tahun dalam bidang pengobatan akupuntur.  Setiap hari Pak Kim bersama istrinya buka praktek di rumahnya di jalan Kawi-kawi atas no. 1 mulai jam 8 pagi sampai jam 12 siang, kecuali hari Rabu dan Minggu tutup. Lokasi rumahnya tidak jauh dari stasiun Kramat Sentiong, Jakarta Pusat.

Rumah Pak Kim tidak pernah sepi dari para pasien yang datang dari Jakarta dan sekitarnya bahkan luar kota. Saya mengenal Pak Kim dari tetangga yang rutin membawa ibunya terapi. Atas rekomendasi tetangga, saya membawa bapak saya untuk terapi akupuntur. FYI, bapak saya pernah kena stroke, tadinya bapak masih bisa jalan dan naik turun tangga sendiri, walaupun jalannya tidak seperti orang normal. Beberapa bulan terakhir ini kondisinya menurun, bapak sering jatuh karena kakinya tidak kuat lagi menopang tubuhnya. Kaki bapak semakin mengecil, otot-ototnya melemah karena selama ini tidak aktif bergerak. Seharian penuh aktifitas bapak dihabiskan diatas tempat tidur, itu sebabnya lama-kelamaan ototnya memendek dan mengecil. Saya membawa bapak ke rumah Pak Kim dengan harapan bapak bisa jalan lagi.

Beberapa kali terapi akupuntur itu, bapak mulai ada kemajuan. Pertama kali datang, Pak Kim bilang saraf kaki bapak saya kondisinya masih bagus hanya saja perlu dilatih rutin sehari beberapa kali belajar jalan. Saat mengobati, Pak Kim selalu menyemangati dan memotivasi para pasiennya. Pak Kim dan istrinya juga sabar menghadapi para pasien.

Saat mengantar bapak, saya sempat bertemu dengan pasien-pasien lainnya, dari mulai pasien akupuntur untuk kecantikan sampai penyakit berat seperti stroke. Ada ibu yang menderita stroke yang sudah diterapi selama 4 bulan dan hasilnya masyaAllah si ibu kondisinya 90% sudah kembali normal. Menurut cerita suaminya saat awal berobat, istrinya itu harus digendong karena hampir seluruh tubuhnya lumpuh. Saya melihat dan mengobrol sendiri dengan si ibu, yang saya kira dia bukan pasien karena terlihat sehat-sehat saja. Saya juga sempat ngobrol dengan salah satu keluarga pasien yang ibunya menderita saraf kejepit sehingga tidak bisa jalan, setelah beberapa kali terapi ibunya sudah mulai membaik. Alhamdulillah.. Allah beri kesembuhan pada mereka lewat pak Kim.

Saya sendiri juga pernah menjadi pasiennya pak Kim. Sudah lebih dari 6 bulan kaki kanan saya sakit seperti ada otot yang ketarik. Sakitnya mulai dari pinggul sampai betis, kalau jalan kaki berasa pendek sebelah, nyeri terus-terusan. Sakitnya semakin menjadi-jadi saat saya berbaring, gerak sedikit aja sakiiitt bangeettt. Saya udah coba berobat ke dua dokter umum dekat rumah dan dokter spesialis fisioterapi di RS. Awal Bros Bekasi.  Sudah minum obat dan fisioterapi 5 kali tapi belum ada perubahan yang signifikan. Kaki kanan saya masih sakit dan sangat tidak nyaman ketika berjalan dan apalagi posisi tidur. Sampai akhirnya saya mencoba pengobatan akupuntur. Alhamdulillah..hanya akupuntur sekali saja, kaki saya sekarang sudah sembuh.

Ditusuk jarum akupuntur sakitnya luaarrrr biasaaa..saya sampai keringatan nahan sakit padahal itu ruangannya pake AC. Pas jarumnya kena bagian titik sakitnya, wowww sakitnya kayak kesetrum, beberapa kali saya jerit karena ngga tahan, cemen banget yaa hahaaa.. Selain di tusuk jarum akupuntur, saya juga di bekam dipinggang belakang dan di betis, kalau Pak Kim nyebutnya detoks. Ditusuk jarumnya itu kurleb setengah jam, plus diatas jarumnya dikasih kayak semacam ujung rokok yang dibakar, walaupun sakit ada sensasi hangat yang bikin nyaman.

Oiya, mengenai biaya, menurut saya ngga terlalu mahal kok kalau dibandingin waktu saya berobat dan terapi di RS. Untuk terapi akupuntur saja sekitar 120 ribu, tambah lain-lain biasanya habis sekitar 200-300-an, tergantung beratnya penyakit dan terkadang ada juga pasien yang dikasih obat untuk dibawa pulang, jadi ada tambahan biaya obat.

Udah dulu ya sharingnya, semoga bermanfaat khusunya buat yang lagi cari-cari pengobatan akupuntur. In shaa Allah pak Kim ini recomended. Maaf ya Pak Kim, saya masukin blog nggak bilang-bilang hehee.. Terima kasih pak Kim, sehat selalu dan semoga Tuhan selalu memberkahi, aamiin…

Leave a Reply

