Dunia sementara, akhirat selamanya. Semoga Allah mudahkan kita semua utk taat dan istiqomah dijalan-Nya. Kelak kita berkumpul di Jannah-Nya, aamiin ya Rabb..

Archive for October, 2013

Mentoring Penuh Inspirasi Bersama Baba Rafi


Siapa yang suka makan kebab? Pasti nggak asing donk sama Kebab Turki Baba Rafi, secara kebab ini yang paling banyak cabangnya di seluruh Indonesia dan satu-satunya Kebab made in Indonesia yang berhasil buka cabang di luar negeri, mantaabb kan..

Baba Rafi ternyata ngga cuma jualan kebab aja loh.. mereka punya beberapa program CSR, salah satunya program mentoring entrepreneurship yang keren banget. Saya merasa beruntung  bisa ikutan program ini. Taunya juga ngga sengaja, kebetulan saya followernya mba Nilam sari di Twitter. Emang udah lama nyari-nyari program mentoring kayak gini, Alhamdulillah nemu. Pas lihat tweetnya mba Nilam, saya langsung daftar via email.

Niat banget deh sampe bolos kerja dan siap dengan resiko potong gaji 5 % per hari…  selama 5 hari hari PP Bekasi – Fatmawati pulang malem terus, dari mulai ngojek, naik bis, taksi, kereta, dianter suami sampe nyetir sendiri semua udah dicoba. Macet di tol berjam-jam, jam 10 malam masih distasiun nunggu kereta, jemput anak-anak dirumah mama udah kemaleman, dll. Tapi setelah ikut semua ‘pengorbanan’ ngga sia-sia, asli worthed banget!!

Mentoring yang saya ikutin ini batch yang ke 7, dilaksanakan selama 6 hari (21-26 November 2013). Konsepnya small class, pesertanya cuma 10 orang, karena kelas kecil jadi efektif banget, kita puas nanya-nanya sesuai dengan bisnisnya masing-masing.

IMG-20131021-03366

mba Nilam’s class. Pas banget lg ada liputan dari TV Jerman, wuuiihh kereenn…

Pengajarnya keren-keren cyiiinn, pengusaha-pengusaha hebat yang selama ini saya cuma tau brandnya eeh disini diajarin langsung sama mereka. Sebut saja pak Anton owner TX Travel, Pak Ardantya Syahreza owner Sour Sally, Generasi Muda ID dan beberapa bisnis lainnya, Yulia owner salon Moz 5, Ibu Ita penulis buku couplepreneur dan pemilik beberapa apotik dan klinik ternama, Pak Bedi ahlinya bisnis kuliner, owner Quick Chicken yang ternyata dulu ownernya Rice Bowl dan resto-resto besar lainnya. Keren atau keren banget? Kereeenn bangett gilaaakk..  😀

Mereka pebisnis-pebisnis sukses yang punya semangat berbagi yang luar biasa. Mereka orang-orang hebat tapi mau mengajarkan ilmunya kepada kami yang masih ‘start up’. Eh saya doang siy yang bener-bener baru hehe.., peserta yang lain-lain mah udah hebat-hebat bisnisnya.

Ada yang lebih WOW lagi, dua orang pengusaha muda penuh prestasi, masih mahasiswa tapi bisnisnya mendunia. Yang pertama namanya Khafidz ownernya Kendal Atsiri yang mewakili Indonesia dan Asia ke USA dalam ajang lomba Global Student Entrepreneurship. Khafidz yang berasal dari desa terpencil di kendal, dengan bisnis minyak atsiri berhasil memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan para pemetik daun cengkeh dan keluarganya. Hebatnya lagi 40% hasil produksinya diekspor ke Eropa, beeuuhh mantabbb bro..

khafidz

Khafidz, masih mahasiswa loohh..pengusaha minyak atsiri dari Kendal. Mantaaabbb…

tyovan

Tyovan, pengusaha IT dari Wonosobo, masih kuliah di Binus. Awesome!!

Satu lagi namanya Tyovan, berasal dari Wonosobo tapi udah pernah diundang Stanford University mengunjungi Silicon valley. Kecil-kecil cabe rawit, si Tyovan kelas 2 SMA udah bikin CV untuk bisnisnya dan sekarang sudah punya 3 macam bisnis dibidang IT. Wowww they’re really special, top markotop bikin speechless. Lihat mereka tuh ya jadi malu sendiri, hmmm..dulu gue kemane aje yee..kebanyakan main karet sama main bekel kaleee huehehe.. 😀

Selain pebisnis sukses, manajer-manajer Baba Rafi juga ikut mengajar. Dari mulai manajer HRD, GA, Logistik, Marketing, Brand sampai GM pun ikut mengajar dan pastinya mba Nilam dan mas Hendy sang owner turut serta hadir dan berbagi ilmu di kelas. Kami belajar langsung dari para direksi dan manajer tentang bagaimana mengelola perusahaan sesuai job dan experiences mereka masing-masing. Asli ‘buka-bukaan’, semua ‘rahasia’ perusahaan bagaimana membangun bisnis dari nol sampai besar seperti sekarang ini dishare ke peserta.

Oiya, di hari pertama kami sempat diajak keliling kantor, mulai dari lantai tiga sampai bagian produksi dan logistik di lantai satu. Pengalaman yang sangat menarik buat saya karena baru pertama kali ini melihat langsung proses produksi sebuah bisnis kuliner dalam skala besar.

(more…)

Advertisements