Life, love and passion

10 Tanda Jiwa Entrepreneur


Image

FIGHT for your dream!!

Beberapa tahun belakangan ini saya sangat tertarik dengan entrepreneurship, sampai-sampai saya mempercepat kepulangan saya dari Australia karena pengen cepet ikutan Entrepreneur Camp (E-Camp) punyanya mas Jaya Setiabudi (Mas J). Saya juga selalu haus untuk belajar dan menambah wawasan ilmu bisnis / wirausaha. Seperti ada dorongan yang kuat dari dalam diri ini untuk terjun ke dunia bisnis. Beberapa alasannya adalah karena saya merasa pekerjaan yang saya jalani saat ini bukan passion saya, bekerja diatur-atur, tidak fleksibel, birokratis sehingga muncul rasa tidak puas, mudah bosan dan jenuh. Yaaa maklum saja, saya kan pekerja kantoran tapi jiwanya “liar”, hehe..😀

Udah ah curhatnya, ngeluh mulu hehe.. Ada artikel bagus nih tentang tanda-tanda jiwa entrepreneur. Artikel berikut saya copas dari website yukbisnis.com. Saya sangat tertarik dengan artikel ini karena sebagian besar dari ciri-cirinya itu “gue banget”. Gak usah panjang lebar lagi (tapi saya tambahin komen pribadi boleh donk..hehe..), yuk ah dibaca apa aja siy 10 tanda bahwa kita punya jiwa entrepreneur.

1. Benci Terhadap Ketidakjelasan

Anda mungkin pernah bertanya-tanya mengenai sesuatu hal yang anda kerjakan, dan mengapa anda melakukan hal tersebut. Anda mungkin tidak akan melakukan sebuah pekerjaan jika tidak mendapat penjelasan tentang apa yang akan kerjakan. Anda bukanlah robot yang hanya disuruh-suruh untuk melakukan sesuatu hal tanpa mengetahui alasan dibalik mengapa anda harus melakukan hal tersebut. Jika anda bukan robot maka anda adalah seorang entrepreneur.

Ini gue banget, alasannya karena saya tidak suka menjadi robot, apalagi harus mengerjakan sesuatu yang tidak saya suka dan alasannya nggak jelas.

2. Mudah Bosan

Anda merasa bahwa diri anda mudah bosan terhadap sesuatu yang anda kerjakan, dan membuat anda merasa bahwa itu adalah sebuah masalah. Sebenarnya tidak ada yang salah jika anda merasa bosan dengan aktivitas yang tidak menantang bagi anda dan hanya melakukan aktifitas yang sama setiap waktu. Inilah alasan Bill Gates drop out dari kuliah dan memilih untuk mengembangkan Windows, karena dia mudah bosan.

Ini juga gue banget, saya orangnya gampang bosenan, tidak bisa bertahan lama mengerjakan satu hal dalam jangka waktu yang panjang. Melakukan banyak hal dalam satu periode itu menyenangkan buat saya.

3. Dipecat dari Pekerjaan

Anda dipecat dari pekerjaan anda karena anda terlalu kreatif dan merasa ingin melakukan sebuah perubahan bagi diri anda sendiri dan bagi orang lain. Dengan terbebasnya anda dari pekerjaan anda yang  melarang anda untuk kreatif, maka anda dapat mengubah kreativitas anda tersebut dengan menjadi seorang entrepreneur.

 Kalau dipecat siy ngga pernah, tapi merasa ingin melakukan perubahan iya banget.

4. Dicap sebagai Pemberontak

Anda ingin melakukan sebuah perubahan namun anda malah dituduh sebagai pemberontak dalam perusahaan tempat dimana anda bekerja. Keluarlah dari pekerjaan anda, wujudkan ide anda tersebut, dan tunjukan kepada mereka bahwa pemberontakan anda mampu membuat anda menjadi seorang entrepreneur sukses.

Dicap sebagai pemberontak siy enggak (mungkin juga iya tapi sayanya yg nggak tau hehe). Saya mulai berani “memberontak” seperti kabur berhari-hari dari kantor tanpa kabar (ya iyalah kalau ngasih kabar namanya bukan kabur bu hehe..), sering bolos, nggak ikut rapat, dan masih banyak lagi kenakalan saya (hehe..pengakuan, jangan ditiru yaa).

5. Siap untuk Membuat Sesuatu Menjadi Lebih Baik

Anda selalu melihat bahwa diri anda mampu membuat sesuatu menjadi lebih baik. Anda selalu ingin memberikan pendapat anda kepada orang lain untuk membuat sesuatu menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

Terkadang saya suka protes karena sistem atau aturan yang dilingkungan pekerjaan yang menurut saya kurang pas. Sayangnya saya nggak berani ngomong, beraninya cuma kasih ide-ide dibelakang (payah bleh..)

6. Masa Muda Anda Penuh Intimidasi

Anda mungkin sering dikritik dan bahkan diintimidasi saat anda masih kecil atau remaja. Mungkin inilah waktu bagi anda bahwa anda mampu berbuat lebih dari apa yang mereka katakan dan menunjukan kekuatan anda yang sebenarnya.

Seperti membuka luka lama, hiks..masa kecil saya banyak traumanya karena sering dikritik, dimarahi, dibully bahkan menjadi korban kekerasan fisik. Karena itu, sampai saat ini saya masih sering merasa minder dan tidak percaya diri dengan kemampuan saya. Padahal kalau dipikir-pikir saya ini punya banyak kelebihan, hehe.. (harus banyak bersyukur dikasih kelebihan)

7. Obsesif

Anda adalah orang yang obsesif karena anda sulit untuk melepaskan sesuatu yang telah anda mulai. Jangan biarkan orang lain meyakinkan anda bahwa ini adalah sebuah kegagalan yang akan membuat hidup anda menderita. Semua entrepreneur sukses selalu ketagihan dan tenggelam dalam sesuatu yang telah mereka mulai. Howard Schultz sangat obsesif dengan Starbucks yang dia mulai, walaupun semua keluarganya menentang dia untuk mengembangkan Starbucks.

Kalau saya siy terobsesi membangun kerajaan bisnis, membuka lapangan kerja untuk orang banyak, jadi entrepreneur bukan orang kantoran (Robert T. Kiyosaki bilang pindah kuadran). Saya juga kepengen jadi dosen dan trainer / pembicara profesional yang bisa memberikan inspirasi dan manfaat kepada orang banyak. Banyak banget maunya siy bu, hehe maklumlah orang sensing, kelebihan energi🙂

8. Takut untuk Bertindak Sendirian

Jiwa entrepreneur di dalam diri anda takut untuk keluar dan menunjukan dirinya jika anda tidak berani untuk memulainya. Anda mungkin takut untuk mengambil resiko untuk menjadi entrepreneur karena terlalu beresiko. Jika anda takut, maka tidak dapat menunjukan sisi entrepreneur anda, dan justru akan mematikan jiwa tersebut. Anda pun baru akan menyesal dikemudian hari karena ketakutan ini.

Memulai bisnis siy saya nggak takut, saking beraninya jadi sering rugi karena nggak pake perhitungan, yang penting jalan dulu. Semuanya pengen dicoba jadinya ngga fokus.

9. Dihantui dengan Mimpi Anda

Anda mempunyai ide namun anda takut untuk melakukan. Perlu diketahui bahwa ide tersebut tidak akan pernah hilang, dan akan menghantui anda. Bahkan bisa saja ide tersebut mengganggu fokus anda dalam pekerjaan anda. Anda tinggal memilih, mewujudkannya atau malah mematikan ide tersebut.

Waaahh yang ini nih gue banget. Punya ide-ide bisnis tapi belum bisa direalisasikan, yang ada malah kepikiran terus dan mengganggu pekerjaan sehari-hari. Seperti dihantui, penasaran dan gemes banget pengen cepet mewujudkan, walaupun suka mentok sana sini tapi tetap saya yakin suatu hari nanti saya bisa mewujudkan ide-ide bisnis saya dan sukses, aamiin..

10. Tidak Suka Sesuatu yang Biasa

Anda tidak suka dengan hal yang biasa saja. Anda tidak suka menjadi orang normal. Entrepreneur sukses diluar sana adalah orang-orang yang tidak suka menjadi orang normal, karena mereka memilih untuk mengorbankan seluruh hidupnya untuk mewujudkan ide gila mereka.

Saya tidak suka menjadi orang “normal”, setuju banget. Disaat orang lain ingin bekerja dan mengejar karir sebagai PNS, saya malah kebalikan pengennya resign dari kerja kantoran dan berbisnis sambil menjalani hobi mengajar. Sering saya dibilang tidak bersyukur karena ingin melepas status PNS dan jabatan saya, sementara banyak orang yang menginginkannya. Saya pikir itu bukan karena tidak bersyukur melainkan karena hidup adalah pilihan. Saya memilih untuk mengikuti kata hati saya, saya tidak ingin lentera jiwa saya redup karena bekerja tidak mengikuti passion. Selama ini saya merasa hidup saya disetir, mengikuti keinginan ortu untuk menjadi PNS. dilematis, ingin menyenangkan ortu tapi batin tersiksa, hiks.. Saya menunggu waktu yang tepat untuk berganti profesi, sambil menunggu kontrak kerja di kantor selesai, insyaAllah..

Nah..itu dia 10 tanda orang yang punya jiwa entrepreneur. Bagaimana dengan anda?

Sumber : http://hot.yukbisnis.com/jiwa-entrepreneur/

 *maaf ya banyakan curhatnya,hehe..

One response

  1. Reblogged this on jonegoro13.

    February 10, 2014 at 00:01

Leave a Reply

