Life, love and passion

Tontonan Seru


Biasanya saya paling malas nonton tv paling-paling sekilas nonton berita di Metro TV pas sambil makan malam atau subuh jam 5 pagi nonton ceramahnya Ust.Yusuf Mansur di Antv. Walaupun dirumah langganan Tv kabel saya tetep aja males nonton, tapi dua bulan terakhir ini saya mulai “keranjingan” nonton TV gara-gara iseng-iseng pencet-pencet remote eh nemu stasiun TV yg acaranya oke banget.

Discovery Home and Health nama stasiun TVnya. Tv ini beda banget sama stasiun tv lainnya karena program acaranya nggak jauh-jauh dari urusan kesehatan dan keluarga. Yang paling menarik adalah mostly acaranya realita, bukan drama / sinetron yang norak. Kalaupun ada yang drama itu berdasarkan kisah nyata yang diceritakan kembali.

Ada beberapa program acaranya yg jadi favorite saya seperti Deliver Me, A Baby story, I didn’t know I was pregnant. Ketiganya menayangkan secara “live” proses seorang ibu melahirkan anaknya, kecuali yg saya sebutkan terakhir I didn’t know I was pregnant itu diceritakan kembali / reka ulang berdasarkan kisah nyata si tokoh.


Deliver Me mengisahkan 3 orang dokter kandungan yang semuanya wanita dan praktek di klinik yg sama. Acara ini meliput pasien2 dari si dokter mulai dari kehidupan sehari-hari dirumah, kontrol kandungan, sampai detik-detik persalinan dan pasca kelahiran. A baby story juga mirip-mirip ceritany tentang persalinan seorang ibu yang direkam secara live. Kita bisa melihat apa yg terjadi sebenarnya dalam ruang persalinan.
Dengan menonton kedua acara tsb kita bisa melihat bedanya dengan persalinan di Indonesia. Kalau di Indonesia persalinan adalah suatu yang “rahasia” tidak boleh dilihat oleh orang lain, kalau di acara TV ini justru sebaliknya. Si ibu bisa melahirkan di ruang kamar perawatan dengan disaksikan keluarga/kerabatnya.

Saat-saat yg menegangkan pada saat ibu mau melahirkan itu asli bukan rekayasa, ada yg tenang ngeden tapi banyak juga yg  nggak tahan sakitnya. Malah ada yg udah pembukaan lengkap, karena nggak kuat ngeden akhirnya di operasi, hiks😦 Kita yg nonton bisa ikutan tegang, apalagi yang udah ngerasain melahirkan,kebayang deh sakitnya *istigfar.

Beberapa kali saya juga lihat proses melahirkan dalam air (water birth). Dan yang paling keren adalah beberapa saat setelah bayi dibersihkan, si bayi langsung ditaruh di dada ibunya (IMD), mau itu melahirkan alami atau operasi caesar. Bahkan ada dokter yang mempersilahkan si Bapak untuk memotong sendiri tali pusar anaknya.

Ada satu lagi program tentang ibu melahirkan : I didn’t know I was pregnant. Walaupun bukan rekaman live alias reka ulang tetep aja tegang nontonnya karena si ibu mendadak melahirkan tanpa dia tau kalau dirinya hamil. Ajaib banget yaa..ada yg melahirkan di toilet rumah, di rest room pom bensin, di tempat kerja, dsb. Mereka ngga nyadar kalo hamil dan tau2 sakit perut yg teramat sangat, eh ngga taunya melahirkan. Oiya ada penjelasan dokternya juga dan flash back cerita si ibu kenapa bisa ngga nyadar kalo dia lg hamil.

Wah pokoknya seru banget deh nonton ketiga acara itu, cocok banget ditonton buat wanita-wanita calon ibu supaya mentalnya kuat dan pastinya bagus ditonton para pria supaya tau betapa beratnya perjuangan ibu melahirkan. Bagus juga ditonton orang awam untuk nambah pengetahuan khususnya ttg kesehatan kandungan dan proses melahirkan.

Satu lagi acara kesehatan yang bagus untuk ditonton yaitu “Bizzare ER”. Untuk nonton acara yg satu ini dibutuhkan keberanian tingkat tinggi Karena isinya tentang pasien-pasien di Emergency Room (IGD) yg mengalami kecelakaan yg “aneh dan menyeramkan”. Ngga usah diceritain ya, saya merinding duluan jadinya. Yang bagus dari acara ini adalah kita jadi tau penanganan / pertolongan pertama apa yang harus dilakukan bila mengalami kejadian tsb, tapi jangan yaa Naudzubillahi min dzalik. Semoga kita dan keluarga kita selalu terlindungi dari hal-hal buruk, aamiin ya rabbal alamin…

Disela-sela pergantian acara biasanya ada tayangan singkat gerakan-gerakan yoga, lumayan bisa dipraktekkin. Yang bikin saya seneng nonton Discovery Home and Health karena ngga ada iklan produk seperti di tv lain, jadi iklannya cuma program-program acara yg ada di tv ini sendiri.

Selain program acara kesehatan, Ada juga program acara yang memperlihatkan kehidupan keluarga secara “live” seperti 19 Kids and Counting, yang menayangkan cerita pasangan Jim Bob dan Michell (Duggars Family) yang puny 19 orang anak, dan semua nama anaknya berawal dari huruf J. Nonton ini juga seru lihat kerempongan sebuah keluarga besar hehe..


Yang ngga kalah serunya yaitu “Quints by surprise” menanyangkan keluarga pasangan muda yang punya enam orang anak, 5 diantaranya kembar! Wow..kebayang donk repotnya ngurus anak bayi kembar 5, ngurus 1 aja udah pusing apalagi ini 5 cyiinn.. Hehe *tepok jidat*. Tapi mereka happy-happy aja tuh, mereka begitu menikmati peran sebagai orangtua dengan anak banyak. mungkin karena masuk tivi kali ya. hehe😀

Baiklah pemirsa, segini dulu ya cerita acara tv-nya, sebenarnya masih ada beberapa acara yg bagus tapi nggak mungkin semuanya saya ceritain disini. Langsung nonton aj deh supaya lebih seru. Mudah-mudahan nanti kedepannya di Indonesia ada stasiun TV yang acaranya benar-benar berkualitas tanpa sinetron yang ceritanya aneh bin ajaib hehe..🙂

*enjoy my day off watching tv🙂

2 responses

  1. watch 19 Kids and Counting Season 14 Episode 2 : Duggar @ http://bit.ly/1tG8qgD

    September 9, 2014 at 12:24

    • sy juga suka nonton Duggars Family tp skrg udah jarang bgt nonton tv🙂

      September 22, 2014 at 13:49

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s